Selasa, 22 November 2016

Tugas Kewirausahaan Contoh Makalah Proposal Berwirausaha

PROPOSAL KEWIRAUSAHAAN

LES PRIVAT HAPPY STUDY


OLEH
                                               
            Nama                          :           Juni SihoL M.T           ACC 113 036
                                                            Yuliana Marito S        ACC 113 049
                                                            Wawan Setiawan        ACC 113 031
                        Prodi / Fakultas           :           Pendidikan Kimia / FKIP
                        Hari / Tanggal             :           Rabu, 12 Okober  2016
            Dosen Mata Kuliah     :           Drs. H. Mulawi, M.Si



PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA
JURUSAN PENDIDIKAN MIPA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PALANGKA RAYA
PALANGKA RAYA
2016



KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, yang oleh karena Kasih dan , AnugerahNYA, kita tetap dapat berkarya hingga saat ini.
Saya mengucapkan terimakasih kepada Bapak Drs. H. Mulawi, M.Si Sebagai Dosen pengampu mata kuliah, yang membantu saya dalam memahami aspek-aspek usaha mikro.
Saya juga mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang membantu penulisan makalah ini, orang tua, teman-teman, dan produsen siswa-siswa les privat happy study  yang mau membagi ilmunya kepada saya.
Saya berharap, dengan penulisan makalah ini, dapat membantu pembaca dalam menumbuhkan jiwa berwirausaha dan pengembangan usaha mandiri. Akan tetapi, saya menyadari bahwasannya, makalah ini jauh dari sempurna, dan oleh karenanya, saya sangat terbuka terhadap kritik dan saran yang membangun, agar kedepannya, saya dapat menghasilkan sesuatu yang lebih baik lagi.
Akhir kata, saya mengucapakan terimakasih banyak atas perhatiannya, Terimakasih




Palangka raya,  12 Oktober  2016



Penulis












BAB I
PENDAHULUAAN
1.1  LATAR BELAKANG
Pemenuhan kebutuhan pendidikan di Indonesia, baik formal maupun non – formal sangat dibutuhkan karena hal ini dapat memberikan dampak yang besar terhadap penduduk dalam rangka peningkatan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia).
Pendidikan sangat berperan penting untuk mengurangi kebodohan, meningkatkan potensi-potensi siswa didik, serta membentuk perilaku yang baik di masyarakat.
Ada dua jenis pendidikan yang dikenal di Indonesia, yaitu pendidikan formal (TK, SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi/Universitas) dan pendidikan non formal (seperti kursus komputer, les Bahasa Inggris, maupun kegiatan beladiri). Pendidikan formal sudah jelas tujuannya untuk mendapatkan gelar kelulusan. Tetapi, Masyarakat cenderung mencari pendidikan alternatif selain pendidikan reguler seperti sekolah dan lembaga pendidikan formal lainnya. Sekolah dan pendidikan formal dianggap tidak cukup memberikan bekal pendidikan bagi masa depan.
Untuk itu lembaga kursus menjadi salah satu alternatif yang dipilih masyarakat untuk lebih menggali potensi yang dimiliki siswa didik, memperkaya ilmu dan memberikan pelajaran yang tidak sepenuhnya didapat anak didik dari sekolah.
Usaha les privat ini menjadi peluang bisinis yang sangat dibutuhkan orang tua untuk anak-anaknya. Karena usaha ini menjamin pelaksanaannya, usaha ini tidak pernah mati atau hanya ikut tren saja. Sebab dimana masih ada anak sekolah pasti ada kebutuhan belajar terutama belajar di luar jam sekolah (seperti Lembaga Bimbingan Belajar, Les Privat / Kursus, dll). Tidak heran juga apabila orang tua si anak yang rela mengeluarkan biaya hanya untuk mencarikan les tambahan bagi anaknya. Disinilah peluang bisnis yang harus di  rebut.
Les privat merupakan salah satu jenis usaha di industri pendidikan, dimana industri ini semakin berkembang sepanjang masa. Meskipun peran les privat saat ini kurang sedikit meyakinkan daripada layanan Lembaga Bimbingan Belajar (LBB) namun kami yakin bahwa dari segi pengelolaan, segi lokasi, dan kurangnya perhatian kepada siswa dalam penggunaan jasa les privat lebih menguntungkan daripada LBB.
Keberadaan les privat sangat mendukung prestasi belajar siswa di sekolah yang pada akhirnya memberikan bekal atau kemampuan lebih kepada mereka di masa mendatang. Banyak orangtua merasa perlu memberikan les pelajaran sekolah tambahan bagi anak-anaknya. Tujuannya adalah untuk membantu anak-anak mereka mengatasi kesulitan dalam belajar. Agar anak-anak bisa mempersiapkan diri lebih baik dalam menghadapi ulangan-ulangan atau ujian akhir tahun ajaran. Atau sekedar membantu anak-anak dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Tentu saja, semua ini ditujukan agar anak-anak mereka bisa berprestasi baik di sekolah. Bahkan bila perlu, mendapat ranking terbaik.
Orang tua kebanyakan, lebih suka mengundang pengajar datang dan memberikan les privat di rumah. Mereka biasanya merasa lebih nyaman jika anak-anak mereka belajar di rumah karena dapat diawasi langsung. Selain itu, mereka bisa memilih pengajar yang sekiranya dianggap cocok dengan anaknya. Pengajar les privat yang biasanya disukai adalah orang muda, seumuran mahasiswa, yang dianggap masih paham dengan materi pelajaran sekolah.
Kebutuhan akan les privat ini merupakan peluang usaha bagi para mahasiswa, terutama bagi mereka yang punya kemampuan mengajar yang baik dan terutama bagi mahasiswa fakultas keguraan dapat membantu untuk megembangakan kemamampuan mengajar mereka, dan bagi mahasiswa yang menggalami kurangnya uang kriman dari orang tua, hal ini sangat membantuh mahasiswa dalam keuangan, Usaha ini nyaris tidak membutuhkan modal finansial, mudah dijalankan, namun memberikan hasil yang memuaskan.


1.2  TUJUAN  USAHA
1.      Membantu mengembangkan jiwa kreativitas dan kewirausahaan pada mahasiswa.
2.      Membantu megembangkan kemampuan mengajar mahsiswa
3.      Membantu keuangan mahasiswa
4.      Dapat menunjukkan bahwa bisnis ini sangat baik untuk dijalankan mengingat besarnya prosentase laba dari bisnis ini
5.      Memberikan Alternatif pendidikan kepada masyarakat.
6.      menambah wawasan dan pengalaman mahasiswa dalam berkarya dalam menerapkan teknologi sederhana yang berhasil guna. Program ini dapat menumbuhkan sikap kepedulian mahasiswa terhadap tuntutan konsumen dalam bidang pendidikan.
7.      Sebagai tugas pada mata kuliah



1.3  MAKSUD
Usaha ini didirikan dengan maksud :
1.      Untuk mendirikan unit usaha atau bisnis les privat dengan menjalin kemitraan mandiri
2.      Memberikan andil dan peran dalam pengembangan pendidikan di Indonesia
3.      Memberikan solusi dalam metode pembelajaran secara tepat, cepat dan akurat
4.      Menerapkan teori tentang kewirausahaan dan merintis usaha sendiri dalam dunia bisnis.



BAB II
METODE  PELAKSANAAN
1.                  Profil Bisnis
1.1.      Jenis Usaha
Jenis usaha yang kami lakukan merupakan penjualan jasa les privat yang meliputi mata pelajaran Matematika, IPA dan Bahasa Inggris pada jenjang sekolah SD, SMP dan SMA atau yang sederajat.
1.2.      Nama Bisnis
Nama usaha yang kami lakukan adalah “Les Privat Happy Study”
1.3.      Lokasi
Lokasi usaha yang kami lakukan bertempat di Jl. Teuku Umar NO.67 Kelurahan Menteng, Kecamatan Jekan Raya, Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

2.                  PERSIAPAN
a.       Mebagikan brosur jasa les privat ke sekolah-sekolah, kerumah-rumah.
b.      Memberikan informasi dari mulut ke mulut
c.       Menelepon sanak saudara yang ingin anaknya ikut les privat
d.      Lebih mengakrabkan diri dengan anak-anak disekitar rumah saya dengan mengajak belajar bersama

3.                  SISTEM PEMBELAJARAN
a.       Ciptakan suasana belajar yang santai, bersahabat dan menyenangkan serta mengetahui bagaimana pendekatan pengajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak. Salah satu tanda cara mengajar yang cukup baik adalah saat anak didik berani bertanya tentang materi pelajaran yang kurang jelas.
b.      Mengatur waktu sebaik-baiknya. Salah satu keunggulan les privat adalah fleksibilitas soal waktu. Namun hal ini menjadi pisau bermata-dua saat saya sibuk dengan urusan kuliah atau pribadi. Selain itu, mempersiapkan diri saya sendiri dengan alat komunikasi agar anda mudah dihubungi.
c.       Secara berkala, berikan laporan evaluasi perkembangan anak pada orangtua. Dan juga memberikan saran-saran dan melakukan konsultasi dengan orangtua. Hal ini dilakukan untuk memperbaiki prestasi siswa. Orangtua akan merasa senang bila anaknya diperhatikan secara sungguh-sungguh.


4.                  STRUKTUR ORGANISASI
Ketua                     : Wawan Setiawan
Sekertaris              : Yuliana Marito S.
Bendahara             : Juni Sihol Marito Tamba



BAB III
PEMASARAN
1.      Analisis SWOT Bisnis
1.1.Strength(Kekuatan)
·         Harga lebih terjangkau.
·         Guru datang ke rumah.
·         Orang tua dapat memantau pembelajaran.
·         Atur jadwal sendiri.
·         Memilih guru sendiri.
·         Pembelajaran menyenangkan.
·         Pembelajaran menyesuaikan dengan pelajaran siswa di sekolah.
·         Siswa dapat sharing dengan guru dan siswa lain melalui media sosial.
·         Guru datang tepat waktu.
1.2.Weakness(Kelemahan)
·         Karena usaha ini baru di rintis sehingga guru yang ada baru 3 orang.
·         Pemilihan jadwal tidak bisa bertabrakan dengan jam kuliah guru.
1.3.Opportunity(Peluang)
·         Bisnis yang kami jalankan akan tetap dibutuhkan oleh konsumen selama pendidikan masih dibutuhkan.
·         Seiring berkembangnya pendidikan di indonesia akan lebih banyak siswa yang membutuhkan usaha kami.
·         Karena banyak mahasiswa yang kurang dalam keuangan maka kemungkinan mahasiswa mendaftar sebagai guru akan lebih besar.
1.4.Threat(Hambatan)
·         Kebanyakan siswa malas dalam belajar.
2.      Target Pasar
2.1.Segmentasi Pasar
Konsumen yang kami harapkan adalah semua kalangan, dari kalangan bawah sampai kalangan atas, karena siapapun pasti membutuhkan pendidikan.
2.2.Target Pemasaran
Target konsumen adalah siswa SD, SMP dan SMA yang membutuhkan pembelajaran lebih setelah menerima pelajaran di sekolah.
2.3.Promosi dan Pemasaran

3.      Aspek Financial
Dalam menjalankan usaha kursus ini, sebenarnya tidak terlalu membutuhkan dana yang besar. Seperti yang sudah kami utarakan sebelumnya, bahwa kami memposisikan usaha kami sebagai tempat les yang berbiaya rendah namun berkualitas. Jadi hal – hal yang sifatnya tidak prioritas tidak kami pergunakan agar contribution margin – nya rendah. Taksiran biaya.
Daftar Harga Les Privat :
Baca,Tulis Hitung       : Rp. 45.000,-/jam (8 x pertemuan/bulan)
SD                               : Rp. 40.000,-/ jam(8 x pertemuan/bulan)
SMP                            : Rp. 50.000,-/jam(8 x pertemuan/bulan)
SMA                           : Rp. 60.000,-/jam(8 x pertemuan/bulan)

Ø  Pendapatan  :
Keuntungan lembaga privat sebesar 25% / 1 tentor :
Baca,Tulis Hitung       : Rp. 45.000,-/jam (8 x/bulan)
SD                               : Rp. 40.000,-/ jam (8 x/bulan)
SMP                            : Rp. 50.000,-/jam  (8 x/bulan)
SMA                           : Rp. 60.000,-/jam  (8 x/bulan)
 


Total                            : Rp. 195.000,-/jam (8 x/bulan)

Ø  Pengeluaran :
Modal Awal : 

Promosi berupa bosur             :           Rp. 200.000,-
Buku dan Pena                        :           Rp. 200.000,-  +
Total                                        :           Rp. 400.000,-





Biaya Operasional

Pembayaran Tentor     :           75% dari pendapatan  / bulan

Baca,Tulis Hitung       :           Rp. 33.750,-/jam
SD                               :           Rp. 30.000,-/ jam
SMP                            :           Rp. 37.500,-/jam
SMA                           :           Rp. 45.000,-/jam
                                                                           +
Total                            :           Rp. 146.250,-/jam

Laba Perbulan untuk 4 mata pelajaran yaitu:

pendapatan-pengeluaran

pendapatan untuk 1 bulan :

Rp.195.000 x 8 pertemuan =Rp. 1.560.000

Pengeluaran untuk 1 bulan
Rp. 146.250 x 8 pertemuan = Rp.  1.170.000
                                                                                      -
            Total Laba : Rp. 390.000/ bulan

            Sehingga masa modal awal senilai Rp. 400.000,- dapat kembali dengan target < 1 bulan



LAMPIRAN

Biodata Organisasi:
Penanggung Jawab :
Dosen Mata Kuliah Kewirausahaaan  :Drs. H. Mulawi, M.Si

Ketua :
Nama               : Wawan Setiawan
Nim                 : ACC 113 031
Prodi               : Program Studi Pendidikan Kimia
TTL                 : Sanggau, 05 april 1995
Alamat            : Jl. Teuku Umar No.67 A
No. Hp            : -  (terhubung dengan line)
Email               : wawan3423@gmail.com
Semester          : VII
Pengalaman     : Pernah menjadi Tentor privat Kimia dan Fisika SMA 2015-sekarang
                          Menjuarai olimpiadejuara 1 kebumian 2011-2012
                          Guru PPL2 di SMA N 3 Palangka Raya
Universitas      : Palangkaraya- Kalimantan Tengah

Bendahara :
Nama               : Juni Sihol M.T
Nim                 : ACC 113 036
Prodi               : Pendidikan Kimia
TTL                 : Belawan, 05 juni 1995
Alamat            : Jl. Cik Ditiro No.13
No Hp             : -
Emal                : tambajuni@gmail.com
Line                 : juni tamba
Semester         : VII
Pengalaman     :
  Ø  Tentor  Privat IPA dan IPS SMP (tahun 2014- sekarang),
  Ø  Tentor  Kimia SMA N 2 dan SMA N 1 Palangka Raya, (2015-sekarang)
  ØTentor  Privat Bahasa Inggris SD di Medan , (2013)
  Ø  Tentor  IPA SD dan Kimia SMA di Bimbingan Belajar Bina Prestasi ( 2016)
  Ø  Guru PPL2 di SMAK Palangka Raya (2016)
Universitas  : Palangkaraya

Sekretaris :
Nama               :Yuliana Marito S
Nim                 : ACC 113 036
Prodi               : Pendidikan Kimia
TTL                  : Kisaran, 26 juni 1995
Alamat            : Jl. Borneo No. 42
No Hp             : -  (terhubung dengan line)
Email               : sidaurukyuli@gmail.com
Semester          : VII
Pengalaman     :  
  Ø  Mengajar bimbel Art de flour (2016)
  Ø  Mengajar bimbel Edu global (2016)
  Ø  Mengajar olimpiade IPA SD (2014)
  Ø  Mengajar privat SD, SMP SMA mata pelajaran matematika, kimia, fisika,   biologi,  baca tulis hitung (2014-2016)   
           ØGuru PPL2 di SMAK Palangka Raya (2016)
Universitas      : Palangka Raya









BAB V
PENUTUP

5.1 Kesimpulan
Mengenai proposal  usaha Les Privat Happy Study yang kami buat maka dapat disimpulkan proposal ini ditujukan kepada semua kalangan.
Adapun kesimpulan yang dapat diperoleh yaitu:
   Ø  Bisnis ini sangat memiliki peluang yang cukup baik untuk bersaing didunia kewirausahaan dilihat dari pruduk yang ditawarkan yaitu bidang pendidikan yang sangat diperlukan saat ini dan untuk waktu yang cukup lama kedepannya.
  Ø  Bisnis ini sangat mengunungkan bukan hanya bagi pendiri bisnis tetapi juga bagi pengajar serta bagi para konsumen  yang dapat dilihat dari modal yang digunakan tidak cukup besar dan biaya bimbingan privat yang cukup bersahabat.
  Ø  Pendiri bisnis  Les Privat Mandiri memperoleh keuntungan 25% dari harga pokok sisw,  jadi total keuntungan bisnis kurang lebih sebesar Rp. 390.000,-/bulan untuk 4 mata pelajaran untuk 1 orang siswa
  Ø  Pengajar yang berupa mahasiswa mendapatkan bantuan finansial untuk tambahan kebutuhan biaya kuliah sebesar 75% dari harga pokok untuk satu orang siswa  setiap 1 bulan.


5.2       Saran
Dalam proposal ini, kami menyarankan kepada para pembaca yang ingin berwirausaha agar dalam membangun usaha selalu menanamkan sifat wirausaha dalam dirinya. Tidak mudah menyerah, serta fokus dalam membangun usahanya.




2 komentar:

  1. coin casino - casinoworld.com
    coin casino. Welcome to Coin Casino World! 코인카지노 Play 1000+ FREE Casino Games to Win BIG With No Regret, No Deposit & Withdraw/Withdraw/Withdraw/Withdraw.

    BalasHapus
  2. Playcasino Games | CasinoTopTOS
    Play 바카라배팅전략 a variety of casino games online for 윌리엄 힐 fun at 하랑 도메인 CasinoTopTOS. Play over 100+ online slots, video poker, bingo and 블랙 잭 게임 more. 램 슬롯 순서

    BalasHapus